Loader
5 Fakta Kakbah, Baitullah Yang Jadi Kiblat Umat Muslim Di Dunia

5 Fakta Kakbah, Baitullah Yang Jadi Kiblat Umat Muslim Di Dunia

Diinput pada 11 Jun 2023  |  Oleh Super Admin

Kakbah menjadi patokan arah kiblat bagi umat muslim di seluruh dunia ketika melaksanakan sholat. Kakbah memiliki sejarah panjang dan fakta menarik.
Kakbah merupakan bangunan yang istimewa bagi umat Islam. Dalam Al-Qur'an ada beberapa surat yang menyebutkan Kakbah. Seperti surat Ali Imran ayat 96 dan surat Al-Maidah ayat 97. Allah SWT berfirman:

Surat Ali Imran ayat 96
إِنَّ أَوَّلَ بَيْتٍ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِى بِبَكَّةَ مُبَارَكًا وَهُدًى لِّلْعَٰلَمِينَ

Arab-Latin: Inna awwala baitiw wuḍi'a lin-nāsi lallażī bibakkata mubārakaw wa hudal lil-'ālamīn

Artinya: Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia.

Surat Al-Ma'idah Ayat 97
۞ جَعَلَ ٱللَّهُ ٱلْكَعْبَةَ ٱلْبَيْتَ ٱلْحَرَامَ قِيَٰمًا لِّلنَّاسِ وَٱلشَّهْرَ ٱلْحَرَامَ وَٱلْهَدْىَ وَٱلْقَلَٰٓئِدَ ۚ ذَٰلِكَ لِتَعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ يَعْلَمُ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ وَأَنَّ ٱللَّهَ بِكُلِّ شَىْءٍ عَلِيمٌ

Arab-Latin: Ja'alallāhul-ka'batal-baital-ḥarāma qiyāmal lin-nāsi wasy-syahral-ḥarāma wal-hadya wal-qalā`id, żālika lita'lamū annallāha ya'lamu mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍi wa annallāha bikulli syai`in 'alīm

Artinya: Allah telah menjadikan Ka'bah, rumah suci itu sebagai pusat (peribadatan dan urusan dunia) bagi manusia, dan (demikian pula) bulan Haram, had-ya, qalaid. (Allah menjadikan yang) demikian itu agar kamu tahu, bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi dan bahwa sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.
Fakta Menarik tentang Kakbah
Mengutip buku 1001 Fakta Dahsyat Mukjizat Kota Makkah oleh Asima Nur Salsabila disebutkan beberapa fakta seputar Kakbah. Berikut fakta menarik seputar bangunan yang juga disebut Baitul Atiq atau Rumah Kemerdekaan.

1. Bentuk dan ukuran Kakbah
Kakbah merupakan bangunan berbentuk kubus yang temboknya dibangun dari susunan batu berwarna kebiru-biruan. Batuan ini berasal dari gunung-gunung di sekitar Makkah.

Bagian pondasi Kakbah memiliki struktur yang kokoh dan terbuat dari batu marmer dengan ketebalan sekitar 25 cm. Berikut rincian ukuran Kakbah:

Tinggi seluruh dinding: 15,00 meter
Lebar dinding Utara: 10,02 meter
Lebar dinding Barat: 11,58 meter
Lebar dinding Selatan: 10,13 meter
Lebar dinding Timur: 10,22 meter

2. Kiswah Kakbah
Kakbah dikelilingi dengan kelambu atau kain berwarna hitam. Kain ini dikenal dengan sebutan Kiswah Kakbah.

Dahulu, kiswah Kakbah bukan berwarna hitam. Sebelumnya kiswah pernah berwarna hijau, merah dan juga putih. Pemerintah Kerajaan Arab Saudi kemudian mempertahankan warna hitam karena tahan lama dan tidak mudah kotor jika disentuh oleh jamaah.

Kiswah Kakbah diganti setiap tahunnya. Di Arab Saudi terdapat pabrik khusus yang memproduksi Kiswah Kakbah. Di sana para pekerja menyulam benang emas berisi kaligrafi yang menghias Kiswah Kakbah.

3. Pintu Kakbah
Kakbah memiliki dua pintu dan satu jendela. Satu pintu dipergunakan sebagai jalan untuk masuk, sementara satu pintu lainnya dijadikan pintu keluar.

Meskipun memiliki pintu, tidak semua orang bisa memasuki Kakbah. Pintu Kakbah juga hanya dibuka dua kali dalam setahun. Selain pintu, Kakbah juga memiliki satu jendela di bagian sampingnya.

4. Kunci Kakbah
Melansir laman NU, Jumat (24/2/2023) Kakbah memiliki kunci yang saat itu dipegang oleh Utsman bin Thalhah lalu mewariskan kunci Kakbah itu kepada saudaranya, Syaibah.

Amanah ini datang langsung dari Rasulullah SAW yang menyerahkan kunci Ka'bah kepada Utsman bin Thalhah. Rasulullah berucap: "Ini kuncimu wahai Utsman. Hari ini adalah hari kebajikan dan kesetiaan, ambillah ini (wahai Utsman beserta keturunanmu) selama-lamanya sepanjang masa, tidak ada yang merebutnya dari kalian kecuali dzalim atau penganiyaya."

Hingga hari ini, kunci Kakbah dipegang oleh anak cucu keturunan dari Bani Syaibah. Sampai hari ini, anak cucu keturunan dari Bani Syaibah bertanggung jawab untuk merawat Kakbah, termasuk membuka dan menutupnya, membersihkan dan mencucinya, serta merawat Kiswah atau kelongsongnya.

Demikian beberapa fakta menarik seputar Kakbah, tempat istimewa yang menjadi tujuan seluruh umat muslim dunia. Semoga dapat menambah wawasan sekaligus menambah keimanan untuk senantiasa mengerjakan seluruh perintah dan menjauhi larangan Allah SWT.

 

-->